Bolehkah Radiator Coolant Dicampur Air ?

Radiator coolant mobil - air radiator atau yang dikenal juga sebagai radiator coolant atau water coolant merupakan cairan yang wajib diperhatikan, alasannya kalau tidak diperhatikan dengan baik dapat menimbulkan kesehatan mesin kendaraan beroda empat jadi terganggu.Mulai dari naiknya suhu panas mesin, tenaga mesin jadi kurang maksimal bahkan yang terparah yaitu rusaknya cuilan head cylinder mesin akhir mesin mengalami overheat yang disebabkan saluran pendingin yang tersumbat.

Salah satu cara merawat atau memperhatikan cuilan ini cukup gampang kok, yang kalian perlu lakukan yaitu cukup dengan menyidik air radiator secara terpola tiap kendaraan beroda empat menempuh jarak per 10.000km dan kelipatannya. Hal ini guna memastikan bahwa cairan radiator yang ada didalam radiator tank masih layak pakai. Namun kalau sudah tidak layak pakai atau memang sudah jadwalnya melakukan penggantian, sebaiknya sesegera mungkin di ganti dengan yang baru.

Baca juga : Ini alasan kenapa sebaiknya kau memakai watercoolant

Radiator coolant biasanya dan umumnya disarankan diganti sesuai buku petunjuk servis kendaraan dimana tiap kendaraan beroda empat itu berbeda. Untuk lebih pastinya silahkan kalian buka dan baca kembali buku servis terpola kendaraan beroda empat kesayanganmu, atau dapat kalian tanyakan pribadi ke Servis Advisor di bengkel resmi langananmu.

Bolehkah Air Radiator Dicampur Air ?

Pada umumnya cairan radiator ini terdiri dari dua type yaitu radiator coolant yang dapat pribadi digunakan tanpa harus mencampurnya dengan air. Lalu ada juga radiator coolant yang dalam pemakaiannya wajib dicampur air lantaran radiator coolant tadi masih berbentuk konsentrat ( Concentrate ). Untuk lebih jelasnya silahkan lihat perbandingan gambar dibawah ini :

 air radiator atau yang dikenal juga sebagai radiator coolant atau water coolant merupakan Bolehkah Radiator Coolant Dicampur Air ?

Keterangan gambar :

  • Gambar sebelah kiri merupakan radiator coolant brand nulon dengan label ready to use ( pribadi pakai tanpa harus ditambah air lagi.
  • Sedangkan gambar sebelah kanan merupakan radiator coolant brand nulon dengan label 100% concentrate, yang artinya harus diencerkan dengan air dalam penggunaannya.

Baca juga : Nih estimasi biaya servis radiator bocor

Untuk air radiator yang tinggal pakai tadi tentunya dilarang dicampur dengan air lagi lantaran komposisinya sudah diatur oleh pabrikan dan tinggal tuang saja. Sedangkan type kedua yang masih dalam bentuk konsentrat, penambahan air ini wajib hukumnya, lantaran kalau tidak cairan ini akan menimbulkan korosi berlebih mengingat radiator coolant type concentrate ini merupakan materi kimia keras.

Nah sebelum melaksanakan sesuatu saran kami sih silahkan dibaca terlebih dahulu label keterangan yang ada pada produk radiator cooler yang kalian beli. Jika tidak dibolehkan menambah air ya jangan ditambahkan, namun jika penggunaannya diwajibkan menambahkan air ya harus kalian ikuti petunjuk yang ada :).

Nah cukup sekian klarifikasi dari kami mengenai apakah radiator coolant boleh dicampur air ataukah tidak diatas dapat menjawab semua kebimbangan dan keragu - raguanmu kawan.


Post a Comment

0 Comments