Batu Kerikil Selalu Ada Di Rel Kereta Api



Ada banyak batu kerikil di rel kereta api. Apakah Anda memperhatikan bahwa hampir di sepanjang rel kereta api biasanya terdapat banyak kerikil kerikil yang terletak di bawah dan pada samping kanan dan kiri rel kereta api? Mengapa pada rel kereta api terdapat banyak kerikil kerikil?


Batu kerikil yang terdapat di setiap rel-rel kereta api yang ada ini memang sengaja disebarkan di sekitar rel kereta api tersebut. Dan ternyata, kerikil kerikil ini mempunyai fungsi yang memegang mayoritas sangat penting untuk menunjang keberadaan rel kereta api yang bangun di atasnya tersebut.

Batu kerikil rupanya mempunyai fungsi utama pada rel kereta api yang pertama yaitu sebagai ganjal untuk pemberat. Dengan adanya lapisan kerikil kerikil ini, rel akan tetap bangun dengan posisi yang tetap stabil. Sehingga kereta api yang berjalan di atasnya pun sanggup berjalan dengan baik dan dengan kondisi yang stabil.

Batu kerikil ini juga berfungsi untuk menyerap getaran yang terjadi pada ketika kereta api tengah melintas. Sehingga goncangan yang terjadi ketika kereta api melintas itu sanggup dikurangi dengan sebaik-baiknya. Dan rel kereta api pun tak akan cepat rusak dan sanggup dipakai untuk jangka waktu yang lama.

Batu kerikil juga berfungsi untuk menahan dan memperlancar anutan air di ketika hujan sedang turun. Fungsi ini mempunyai peranan untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah atau yang biasa disebut dengan istilah erosi pada tanah di sekitar tempat rel kereta api. Apabila abrasi ini terjadi, maka sanggup menimbulkan kecelakaan serius bagi kereta yang tengah melintasinya.

Dan fungsi yang ketiga, kerikil kerikil juga berfungsi untuk menghambat tumbuhnya rumput-rumputan liar di sekitar rel kereta api. Tumbuhnya rerumputan liar di sekitar rel sanggup secara pribadi maupun tak pribadi menimbulkan penggemburan tanah di bawahnya. Hal ini tentunya sanggup sangat membahayakan alasannya yaitu jikalau tanah di bawah rel kereta api tak stabil, maka akan sanggup membahayakan perjalanan kereta api.

Memang tidak semua rel kereta api yang tidak terdapat kerikil kerikil dibawahnya, menyerupai rel kereta api yang ada di atas jembatan atau jalan raya. Kerikil pun tidak disebar di bawah rel kereta api tersebut alasannya yaitu semua fungsi dari kerikil kerikil tadi sudah diambil alih fungsinya oleh prosedur yang lain, menyerupai dengan adanya jalan aspal yang telah menggantikan peranan kerikil kerikil dengan baik.

Post a Comment

0 Comments