Selembar Uang Ini Seharga 10 Milyar Dollar!




Selembar uang ini seharga 10 Milyar dollar! Wow! Pasti tidak akan pernah terbayang, ternyata ada uang lembaran kertas yang jumlah nominal per lembarnya sebesar puluhan bahkan ratusan milyar. Meskipun ajaib langka tapi ini positif gan, 

Berikut: Inilah Uang Kertas Dengan Nilai Nominal $ 100,000,000,000,- - Ketika menyaksikan tayangan televisi baik nasional maupun internasional bahwa kemarin masyarakat keuangan internasional dikejutkan dengan keluarnya uang kertas Dollar Zimbabwe yang bernominal Z $ 100,000,000,000.- 

Intinya yakni keheranan kita untuk sesuatu yang tidak seharusnya terjadi atau ada, tetapi buktinya ada. Uang kertas yang nilainya tidak tanggung-tanggung ini terpaksa dikeluarkan pemerintah Zimbabwe sebab negara itu benar-benar dalam kesulitan dapat dipercaya uang kertas yang sangat dasyat. Bayangkan uang kertas yang nilainya Z$ 100 Milyar ini hanya cukup untuk membeli empat butir jeruk atau setangkup roti.
 
Kalau mau ditukar dengan Dinar emas yang kita miliki, maka untuk setiap keping Dinar akan diharapkan Z$ 13,416,000,000,000,-. Kaprikornus mudah negeri Zimbabwe ini tidak mempunyai uang yang bernilai sebenarnya.
 
Tetapi ini bukan uang di dunia hiburan/permainan monopoli dan sejenisnya; ini uang positif dari suatu negeri yang berdaulat ; sesudah itu entah apa lagi yang akan terjadi. Sayangnya aku belum menerima gambar dari uang tersebut, yang aku peroleh yakni gambar uang yang bernilai nominal Z$ 50 Milyar yang dikeluarkan Zimbabwe bulan Mei lalu. 

Ini mengingatkan apa yang aku tulis simpulan Januari kemudian untuk menceritakan kejadian di Jerman tahun 1923 - dikala orang disana lebih suka memperabukan uang untuk menghangatkan ruangan di trend cuek ketimbang membeli kayu bakar – sebab harganya sama.

Ketika inflasi menjadi terlalu cepat, maka memegang uang kertas menyerupai memegang bara api – secepatnya harus dilempar/dipindahkan ke orang lain – sebelum kita terbakar/bangkrut sebab uang kita tidak sanggup untuk membeli apa-apa lagi. Bagaimana? Unik bukan? Bagaimana bila uang itu ada di Indonesia ya?

Post a Comment

0 Comments